Cara Naik Busway Kecil di Jakarta (Transjakarta non BRT/Feeder/Bus Pengumpan)

6:36:00 PM

Bentuk Bus Pengumpan Transjakarta
Sekarang saya sudah mulai kerja di Jakarta. Seperti banyak warga Jakarta lainnya, perjalanan dengan transportasi umum sering saya lakukan. Kalau Transjakarta biasanya sih orang mikirnya musti naik ke halte yg agak tinggi itu kan ya, tapi ternyata masih sedikit yang mengerti bahwa ada Transjakarta lain yang ga lewat jalur busway. Itulah dia Transjakarta Non BRT (Bus Rapid Transit) atau biasa disebut bus pengumpan / feeder.


Apa itu bus pengumpan?

Ini di dalam bus pengumpan
Bus pengumpan itu sepenglihatan saya sih adalah bus Transjakarta yang rutenya tidak melulu melalui jalur busway. Karena tidak harus melalui jalur busway inilah jadi jalurnya lebih fleksibel dan bisa menjangkau jalan yang kecil. Bisa juga dianggap istilah pengumpan itu berarti memberi umpan penumpang ke bus yang lebih gede, walaupun sebenernya bisa aja tujuan penumpang sudah bisa dipenuhi lewat bus pengumpan saja tanpa transit ke bus lain. Selain ukurannya yang relatif lebih kecil, bus pengumpan bisa dinaiki tanpa harus dari halte khusus. Asalkan ada plang "STOP BUS PENGUMPAN Transjakarta", penumpang bisa naik dari sana.


Plang "STOP BUS PENGUMPAN Transjakarta"

Gimana cara naiknya? 

1. Berhenti di pinggir jalan

Tinggal berhenti dan stop busnya kaya lagi stop angkot aja di pinggir jalan. Dalam prakteknya, kadang bisa stop dimana aja yang jalurnya dilewatin sama bus pengumpan. Tapi kadang ada juga bus pengumpan yang taat aturan dan gamau berhenti kalau ga di plang. Jadi amannya tunggu di pinggir jalan tapi yang ada plangnya yah. 

2. Naik dari halte/terminal 

Kalau ini sih udah jelas ya. Jadi walaupun busnya kecil-kecil tapi jalurnya juga bakal lewat halte atau terminal yang tinggi. Keren kan ya si bus ini fleksibel lewat halte tinggi bisa, berhenti di pinggir jalan juga bisa. Jadi kenapa bisa gitu oh oh ternyata karena pintu kanannya dia tinggi dan pintu kirinya rendah. 

Kalau cara bayarnya gimana?

Receipt dari EDC kenek bus
Nah kalau naiknya lewat halte atau terminal kan gampang ya tinggal tap aja di gate kaya Transjakarta yang biasa. Kalau lewat pinggir jalan ya sama aja tetep bayarnya bisa cashless, tapi bisa juga tunai. Jadi kernet di dalem bus pengumpan bawa-bawa EDC gitu. Biasanya kernet cuma bawa satu jenis EDC aja. Cuma jangan khawatir, karena keterbatasan itu sih jadi tetep bisa bayar cash kalau ga punya kartu sesuai EDC kernetnya. Misal kalau bus pengumpan 6N Ragunan - Blok M itu EDC-nya BCA kalau 6H Lebak Bulus - Senen itu EDC-nya Mandiri. Harganya juga ga berubah, tetep 3500 seperti bus transjakarta lain. Trus kalau misal bayar lewat EDC kernet dapet receipt loh, beda kan ya kalau tap di gate mana dapet haha.

Emang Sering Muncul Ya Busnya? 

Ada yang sempet nanya saya, emangnya sering busnya lewat? Bus pengumpan ini frekuensi datengnya ya tergantung juga sebenernya. Sejauh ini sih nunggu bus pengumpan yang sering saya naiki (6N) itu bentar aja mungkin paling lama 10-15 menit lah. Lagian kan bisa diprediksi juga lewat aplikasi Trafi. Malahan bus Transjakarta L6 itu yang suka lama banget munculnya :((( Ya relatif sih tergantung jumlah armada juga, semua Transjakarta lagian gitu ada yang rame ada yang sepi~ Sempet nyoba juga waktu weekday, sampe jam 22:30 masih ada bus pengumpan yang jalan.

Hal lain~

Pake Trafi (bukan endorse sumpah). Itu aplikasi buat navigasi kendaraan yang utama saya gunakan untuk kemana-mana. Dan itu berisi live update di titik mana bus udah jalan. Bener-bener kaya lagi mesen GO-JEK kan ada tuh yang suka liatin driver udah sampe mana, nah Trafi ya persis seperti itu cuma buat armada Transjakarta. Kadang sih tetep ada bus yang entah kenapa ga ke-track sama Trafi ini, tapi selama. ini pengalaman saya seringnya sih tetep bisa liat live. 
Ada aplikasi tambahan seperti Moovit atau Google Maps yang juga dapat memberi tahu jalur yang mencakup bus pengumpan. Tapi setahu saya mereka tidak seperti Trafi yang memberikan titik setiap bus yang akan lewat. Aplikasi-aplikasi ini mungkin bisa memberi jalur yang alternatif walau kebanyakan sih rekomendasinya mirip-mirip aja.


Sekian dulu tulisan ini tentang bus pengumpan Transjakarta, semoga membantu teman-teman yang bingung dengan bus kecil bertuliskan Transjakarta padahal jalan yang dilewatinnya kecil gaada jalur busway.

You Might Also Like

13 comments

  1. kak, kalo naik busway non BRT bayar paki kartu flash bisa ga kak?

    ReplyDelete
  2. Lagi eror katanya ini bingung udah naik tp blm bs bayar

    ReplyDelete
  3. Saya mau nanya kenapa saya tidak bisa menaiki bus pengumpan padahal saya sudah ada di depan plang dan berulang dua kali

    ReplyDelete
  4. saya gak punya kartu Busway apapun karena jarang naik. masih bisa bayar tunai kan ya?? sewaktu waktu saya naik

    ReplyDelete
  5. Saya naik bus pengumpan kok gak di mintain ya padahal yang lain dimintai. Bayar cuma saya doang yang gak dimintain

    ReplyDelete
  6. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete
  7. Bang saya naik minitrans dari bkn ke pondok kelapa. Tap in di halte bkn. Tapi pas turun pinggir jalan pondok kelapa engga tap out emang ya?

    ReplyDelete
  8. terima kasih informasinya.. sangat bermanfaat.
    nitip lapak gan..
    sablon gelas plastik

    ReplyDelete
  9. Mohon info donk kalo mau naik minitrans sekarang bisa bayar pake uang tunai gak yak.. Sama kalo naik minitrans bisa turun dipinggir jalan biasa atau tetep harus ada plang stop nya.. Mohon info nya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. per saya tulis ini, sudah tdk bisa bayar cash. saya pernah di komplen supir busway kecil gara gara turun di halte non busway. awal nya saya pikir kan itu halte juga, kenapa gak boleh. tapi supirnya marah. ya sudah mungkin gitu aturan nya, HARUS yg ada tanda plang nya.

      Delete
  10. Trmksh crta nya,sgt membntu sy yg lg bingung Pgn nyoba naek 6N 🫢,itu kl mu turun tap out jg g ya?

    ReplyDelete

Popular Posts

Tweets