Welcome to The New Normal

11:06:00 PM

 
Menemukan kucing tidur siang di jam kerja

Sebagian besar dari teman-teman yang ada di kawasan Jabodetabek mungkin udah punya ritme hidup yang jauh berbeda dengan hidup sebelum adanya pandemi, PSBB, dan tetek bengeknya. Kalau daerah lain begitu juga gak? Ya, ini masa yang aneh karena katanya dengan berdiam di rumah aja malah justru bisa membantu menyelamatkan dunia!


Ritme Bekerja yang Berbeda

Aku menjadi salah satu dari mayoritas pegawai yang diminta kerja dari rumah (walapun technically aku gak kerja dari rumah tapi dari kost). Yang dulunya jam 6 pagi udah mandi dan siap menempuh transportasi ke kantor, sekarang mungkin baru cuci muka. Gak perlu ganti ke pakaian formal dan pusing kalau misalnya gak bawa ID Card, tinggal absen aja online

Snack rapat jadi ga disediakan, haha rapatnya jadi virtual. Walaupun tentu saja aku bisa beli snack sendiri, tapi kalau ga disediakan itu rasanya malas untuk memulai. Baguslah ini jadi satu langkah maju untuk penurunan berat badan :p 

Rasanya aku sudah menemukan siapa penggerak perubahan kultur kantor di bidang teknologi tahun 2020: Coronavirus!

Ritme Sosialisasi yang Berbeda

Lupakan nongkrong-nongkrong di cafe, mall, taman, ataupun tempat keramaian lainnya. Tempat nongkrong sekarang cuma berpindah dari link ke link, dari aplikasi ke aplikasi. Setidaknya aku sudah pernah sosialisasi lewat Google Hangout, Zoom, Skype, dan Microsoft Teams. Secara fisik, semuanya aku lakukan dari kamar kost di depan laptop.

Nongkrong via Zoom
Berikut beberapa alternatif add-on sosialisasi di depan aplikasi video conference: 
  1. Gartic.io (sambil tebak-tebakan gambar bisa komentar langsung rame-rame)
  2. Karaoke (satu orang bisa share screen+computer audio yang nampilin lirik lagu)
  3. Powerpoint party (setiap orang gantian presentasi topik apapun yang mau dishare dalam waktu singkat) 
Hmmm minimal itu yang udah pernah aku coba. Pasti banyak addon lainnya untuk diexplore sambil video conference. 


Ritme Olahraga yang Berbeda

Gym? Tutup
Trek lari? Harus menjaga jarak minimal sepanjang badan komodo dewasa (kata Kedubes Amerika gini, hayo siapa belom pernah liat komodo???) 

Kolam renang aku ga tau officially tutup atau enggak ya tapi ya baiknya ga usah juga ke kolam renang. 

Jadi dengan adanya pandemi ini aku malah eksplor macem-macem home workout, misalnya: 
Aku udah nyoba beberapa aplikasi free workout dan menurutku FitOn ini untuk hitungan yg free adalah yang terbaik dari yang pernah aku coba sih. UInya bagus, videonya banyak dan mudah diikuti. Mereka offer free access untuk semua workoutnya (yes you read that right).
 
Trus kalau PRO apa bedanya? Video workout mereka bisa didownload, sambil workout bisa pake custom musik, bisa connect ke Fitbit/Garmin (yang aku ga punya smartwatch-nya) atau kalian bisa dpt personalized meal planning juga (yang ga penting sih kalau di Indonesia bahan-bahannya agak beda).

Kalau ini adalah salah satu Gym yang ga asing lah ya di Indonesia. Lokasi-lokasi mereka juga ditutup sesuai PSBB yang berlaku di kota-kota. Mereka punya program yang namanya HOME SWEAT HOME, dirilis setiap hari di media sosial mereka. Dan tentu saja, ini free, everyone can join. Tempat gym besar satu lagi ada sih yang nyediain online home workout session, tapi ngadainnya di grup private yang harus join dengan nomor member hehe so it's not for everyone.
Selama pandemi mereka menyediakan semua workout secara free, harusnya awalnya berbayar. Jadi pada dasarnya ini cuma gratis waktu kita lagi di rumah aja. Worth checking out sih karena nanti kalau udah pandemi kan lebih susah untuk diaksesnya :3

Bonus: Workout yang diadakan dari kantor
Kemaren kantor ngadain Zumba, dan sesi workout lain secara online. Biasanya diadakan di lapangan kantor tapi ya ga bisa waktu pandemi ini. Mungkin kantor kalian juga mengadakan? 
Zumba via Zoom = ZoomBa

Ritme Menonton yang Berbeda 

Tiga jaringan bioskop terbesar di Indonesia: XXI, CGV, dan Cinepolis sudah menutup operasionalnya. Bioskop-bioskop yang ga sebesar itu kurang lebih juga udah nutup sih. Di satu sisi ini nightmare buat industri perfilman dan bioskopnya tapi panen besar untuk layanan VOD. Beberapa film yang baru tayang di bioskop langsung tayang ke streaming (The Hunt, Invisible Man) dan beberapa langsung cancel rilis bioskopnya dan memilih langsung rilis ke platform streaming. 

Gara-gara pandemi ini aku jadi namatin satu drama Korea sampe abis! Biasanya ga pernah banget nonton drama Korea. But this is a good one, judulnya Tunnel yang menceritakan tentang pembunuhan berantai yang terinspirasi dari kisah nyata + ada bumbu time travel. Adaptasi Indonesianya juga udah ada di GOPLAY. Mungkin kalian yang ga pernah nonton drama Korea bisa coba nonton ini juga, bukan yang cerita cinta-cintaan kok intinya. 
 
VOD lokal juga udah mulai produksi series lokal yang kualitasnya jauh lebih bagus dari sinetron. Aku sempet namatin series Kisah Tanah Jawa: Merapi di iFlix (tapi sering muncul iklannya gitu deh karena free). Ada beberapa series lagi yang mungkin kalian tertarik nonton: Gossip Girl Indonesia (di GOPLAY), Cek Toko Sebelah The Series (di HOOQ) dan Pretty Little Liars Indonesia (di Viu).

________

Intinya ini udah jadi the new normal. Masih lama banget rasanya sampe beneran situasi bisa balik ke awal. Sampe waktu itu tiba, kita harus bisa adaptasi dengan pola hidup minim mobilisasi ini. Oh iya dan menurutku ini waktu yang paling tepat sih untuk memikirkan dan menata kembali hidup dari 0 (kaya isi bensin di Pertamina gituu). 

Stay home and stay safe semuanya! 

You Might Also Like

1 comments

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    ReplyDelete

Popular Posts

Tweets