Menginstall CentOS 7

2:52:00 PM


CentOS adalah salah satu distribusi Linux yang sering digunakan untuk komputer server. Edisi terbaru CentOS yang ada di website resminya adalah CentOS 7. Salah satu keunggulan CentOS adalah support yang diberikan sangat lama, suatu versi CentOS akan diberi support hingga 10 tahun. Ini berarti CentOS 7 yang dirilis tahun 2014 akan mendapat support hingga tahun 2024! CentOS sendiri dinilai sebagai salah satu turunan dari Red Hat Enterprise Linux (RHEL) yang paling baik. Dan tentunya tidak seperti RHEL, CentOS itu gratis. 


Dalam post kali ini saya akan menceritakan bagaimana saya menginstall CentOS 7 di dalam VMWare. Untuk VMWare, dalam percobaan kali ini saya menggunakan VMWare Workstation 12 Pro. 

Awalnya, saya tidak berencana menggunakan VMWare versi terbaru. Saya menggunakan VMWare yang sudah ada di d komputer saya, yaitu VMWare 10. Saat pertama kali add virtual machine di VMWare 10, ada yang kurang. Ketika file ISO dari CentOS 7 saya load, VMWare tidak otomatis mengenalinya sebagai CentOS 64-bit. Pada konfigurasi awal saya memasukkan secara manual pengaturan CentOS 64-bit. Setelah saya searching, ternyata harus setting sebagai Red Hat Enterprise Linux 64-bit. Setelah itu, masih ada masalah lain lagi. Ketika hendak menyalakan virtual machine muncul terus-menerus pesan Internal Error. Di internet, ada satu solusi yaitu menyalakan VMWare Authorization service di services.msc. Tapi pesan internal error tetap keluar. Setelah itu, saya memutuskan untuk menggunakan versi VMWare yang lebih baru. 

Setelah memakai VMWare 12, nasibnya sedikit lebih baik. File ISO yang diload berhasil terdeteksi sebagai CentOS. Namun saat ingin menyalakan virtual machine, muncul error yang lain lagi. Setelah searching berbagai masalah di internet, ternyata sebaiknya menyalakan virtual machine di VMWare tidak dalam kondisi komputer yang baru dinyalakan dari Hibernate. Selain itu, VMWare dijalankan sebagai administrator di windows dan berhasil yeaaah. Mungkin sebenarnya di VMWare 10 bisa juga dijalankan dengan cara seperti itu, entahlah.  


Yap pertama-tama dinyalakan, virtual machine akan langsung booting dan memberi pesan seperti diatas. Starting installer...

Setelah itu, tahap-tahap berikutnya hanya tinggal mengikuti wizard yang sudah tersedia dengan sangat mudah. 

Tampilan diatas adalah salah satu tahap dalam wizardnya


Sebelum install ke tahap selanjutnya, perlu dibuat user untuk login ke CentOS. 


Installer secara otomatis menginstall software-software yang dibutuhkan oleh CentOS. Pada gambar terlihat sedang menginstall browser firefox. 



Setelah selesai menginstall program yang dibutuhkan, CentOS akan otomatis reboot dan ketika kembali menyala muncul welcome page. Gambar diatas adalah tampilan welcome page untuk mengatur bahasa utama CentOS yang digunakan. 

Terakhir, CentOS sudah siap digunakan. 


Waaw begitu mudahnya untuk menginstall CentOS di VMWare. Untuk pengaturan memory dan lain-lain saya menggunakan pengaturan default yang diberikan oleh VMWare. 

Saya juga sempat mencoba terminal untuk melakukan perintah-perintah dasar Linux. Ini dia screenshot yang berhasil saya tangkap

Setidaknya itu dulu yang bisa saya bagikan tentang pengalaman menginstall CentOS 7. Jika ada perkembangan terbaru mengenai CentOS yang baru saya install mungkin akan diupdate tetap di post ini.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Tweets