Kamu Rata?

1:43:00 AM

Malam ini, sekarang kira-kira satu jam lewat tengah malam. Baru saja saya menyelesaikan (atau lebih tepatnya, mengumpulkan) tugas besar suatu mata kuliah. Tidak aneh memang untuk beberapa hari terakhir ini dengan banyaknya deadline tugas dari program studi Informatika. Dan hari ini pula, pekan Ujian Akhir Semester dimulai. Tidak pernah kami dibuat lupa bahkan seharipun tentang program studi kami. Dan sudahkah saya bilang deadline tugas ini ada di hari Minggu yang berarti hari libur?


Saya, seperti kebanyakan mahasiswa lainnya juga tidak bisa maksimal pada tugas besar terakhir ini. Setelah tugas besar ini selesai, saya memilih untuk tidak membahas keberjalanan tugas ini, baik maupun buruknya. Entah sejak kapan, ini sikap saya akhir-akhir ini setelah melewati beberapa ujian, kuis maupun deadline tugas. Namun ada beberapa orang yang memilih untuk menyatakan dirinya rata lewat berbagai media. Rata, dari apa yang saya tanyakan kepada teman saya adalah istilah gamer DOTA diambil dari kondisi rata dengan tanah, yang berarti kekalahan (koreksi saya, saya lupa maksud persisnya dari rata). Mohon maklum, saya bukan tipe orang yang suka bermain video game seperti kebanyakan teman-teman di Informatika. Mungkin karena definisi yang tidak jelas juga, berbagai orang menyatakan dirinya rata dengan tingkat keterselesaian dari tugas yang berbeda-beda.

Kadang saya bertanya untuk apa mereka menyatakan dirinya rata? Apalagi ke teman-temannya yang satu jurusan. Toh kebanyakan mahasiswa juga tidak menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Ini bukan hal yang spesial untuk kalian. Pada beberapa kondisi, progress tugas dengan status rata yang diucapkan oleh A mungkin merupakan hal yang sangat disyukuri oleh B, dan seterusnya. Apapun yang kalian katakan, jelas tidak akan bisa mengubah hasil yang sudah kalian dapatkan. 

Ya saya lelah, dia lelah, mungkin kamu juga lelah dengan semua aktivitas di akhir tahun ini. Saya tidak ingin membandingkan bahwa saya lebih lelah karena punya kesibukan A dan B sementara si X cuma punya kesibukan A tapi tidak B. Setiap orang punya caranya sendiri dalam menjalani kehidupan ini kawan. Toh yang menentukan segala aktivitas itu juga pribadi masing-masing. Akan tetapi mari kita pikirkan apa yang selanjutnya akan kita hadapi di depan : tugas-tugas berikutnya, UAS, himpunan, kepanitiaan maupun beragam kegiatan yang kalian tentukan sendiri dosisnya. Masih banyak yang harus dilakukan, hidup sebagai mahasiswa harusnya melakukan hal yang lebih dari sekadar akademik. Dan jangan lupa untuk bahagia, liburan sebentar lagi!

NB:
  • Cuma tulisan random di malam hari, tiba-tiba pengen ngisi blog
  • Baru selesai tugas besar 3 IF3110 Pengembangan Aplikasi Berbasis Web. Hari Jumat yg lalu ada deadline Manajemen Basis Data serta tugas besar Jaringan Komputer. Hari Rabunya ada deadline tugas besar Inteligensi Buatan. Hari Selasanya deadline dokumen Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Itu seminggu ke belakang aja. Dan sekarang mempersiapkan diri untuk presentasi Interaksi Manusia Komputer yang kira-kira 12 jam lagi, UAS Manajemen Basis Data hari Selasa dan juga hearing Calon Ketua Himpunan hari Selasa malam.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Tweets