Yang Berbeda di Lebaran Tahun Ini

8:08:00 PM

Demi mempersiapkan yang terbaik di Asia's Next Top Model cycle berikutnya, kami rela lebaran di Bandung
Tahun ini, saya menghabiskan waktu lebaran di Bandung (pertama kalinya selama masa kuliah). Dulu pernah sih, kayanya, lebaran di Bandung pas masih waktu SD di Bandung cuma kan itu sama keluarga. Tidak sedikit orang yang bertanya mengapa saya tidak bertolak ke Medan saat libur lebaran, terakhir kali saya pulang ke Medan saat lebaran di tahun 2015. Jadi, tiket ke Medan itu mahal sekali bahkan di hari H lebaran harga tiketnya masih mahal. Mendingan duitnya dipake buat yang lain gitu loh, toh ga lama juga ada kegiatan lagi di Bandung. Trus apa aja bedanya lebaran di Bandung selama masa kuliah ini?



1. Khutbah Jumat Bahasa Sunda
Jadi selama Jumatan pas di Bandung emang beberapa kali di Masjid yang deket kost ini selain di Salman. Nah khutbah pas Jumatan maupun tarawih ya biasa aja kan selama ini. Nah pas Jumat terakhir bulan puasa (H-2 lebaran) eh malah khutbahnya jadi Bahasa Sunda. Gatau sih kalau di hari-hari biasa khutbahnya pernah Bahasa Sunda juga karena emang ga sering-sering amat disini, banyakan ngapa-ngapain deket kampus. Terus kemudian refleksi diri kenapa udah kuliah hampir 4 tahun di Bandung belum bisa Bahasa Sunda.

2. Sepi sekali
Waktu itu (Idul Adha) pernah sholat Ied di Salman dan pas pagi-paginya bisa naik angkot dulu, nah sementara pas Idul Fitri sesepi itu. GO-JEK GRAB gitu-gitu gaada yang ngambil, angkot ga muncul, jadi ya mau ga mau ambil tempat sholat Ied yang deket kost aja. Kalau maksain di tempat yang agak jauh, ya silakan jalan kaki aja kalau gapunya kendaraan pribadi :)

3. Open House Rektor Santai
Balik lagi bandingin dengan waktu Idul Adha, nah rektor ITB pas Idul Fitri juga Open House. Kalau misalnya waktu Idul Adha karena memang banyak yang gak pulang (cuma semacam another tanggal merah di kalender) jadinya ngantri buat ngambil makanan panjang banget, dan kalau telat dapet makannya yang seadanya aja. Waktu open house Idul Fitri ini, ngambil makannya santai bahkan bisa berkali-kali ga ngantri-ngantri amat. Dan dari info temen-temen protokoler yang bertugas di Open House rektor, sisa makanannya banyak yang mereka bawa pulang.


Jadi santai aja mau foto berdua sama rektor juga bisa
4. Ketemu sama Orang Batak Lagi
Lucunya, pas di Open House rektor malah ketemu orang Batak lagi! Udah gak pulang ke Medan dan lebaran di Bandung, saya semakin menyadari ternyata banyak juga orang Medan yang bernasib sama. Dan kata mereka-mereka ini (yang ikut Unit Kebudayaan Sumatra Utara/UKSU) ternyata yang makan di Open House rektor ini banyak anggota UKSU lainnya juga, cuma udah banyak yang ga saya kenal huhu udah saatnya meninggalkan kampus sebenernya.

Ini orang-orang batak di Open House Rektor ITB

Ini orang-orang Batak di Open House Rektor + Rektornya sendiri
5. Mamang berbagai Jajanan Gak Muncul
Salah satu fitur terbaik kota Bandung adalah jajanannya. Dari jajanan sesederhana gorengan, sampe nanti ada tahu bulat, cilok, cimol, batagor dan segala macam jajanannya itu melengkapi hari indahmu di Bandung. Eh tapi sayangnya, mamang-mamang penjual jajanan tersebut ga muncul di hari2 mendekati lebaran, setelah maupun sebelum (setidaknya di daerah deket kost). Mungkin mamang-mamang ini sudah menganalisis bahwa target pasar beliau di daerah kost adalah anak-anak kost yang kecenderungannya pulang di waktu deket lebaran.

Yah intinya mah ya sepi gitu lebaran di Bandung kalau gak sama keluarga hehe. Mau ke rumah temen juga temen-temennya pada ke rumah-rumah sodaranya yang lain bareng keluarganya jadi ya sama aja. Mungkin solusinya buat keluarga aja di Bandung kali ya #loh

You Might Also Like

1 comments

  1. Makanannya apa aja bim? (Berencana tahun depan kayak gitu wkwk)

    ReplyDelete

Popular Posts

Tweets