Tempat Nugas / Belajar di Bandung (Desember 2017) + Review Singkat

3:00:00 PM

Akhir-akhir ini sepertinya sedang masa UAS, dan mahasiswa yang menjadi korban UAS tersebut berbondong-bondong untuk belajar mengebut materi yang akan diujiankan. Banyak juga tugas-tugas besar yang ikutan numpuk waktu akhir semester. Karena kalau nugas di kost bawaannya pengen tidur dan nugas di kampus ga bisa sampe malem (ada jam malemnya hiks) maka cafe biasanya jadi tempat nugas dan belajar yang dipilih. Berdasarkan pengalaman saya menjadi mahasiswa, biasanya tempat nugas (terutama anak ITB) ga jauh-jauh dari pilihan ini:

Tugas yang belum mulai dikerjain


1. McDonalds Simpang Dago
Lokasinya di simpang dago, iya simpang antara jalan Dago/Ir. H. Djuanda dan Jl. Dipati Ukur. Bukanya 24 jam dan harganya ya standar harga makanan McD sih (PaNas/Paket Nasi sekitar 30ribuan). Banyak banget memang yang keliatan nongkrong disini, waktu malem-malem dan dini hari pun tetep ada orang yang sambil buka laptop. Karena strategisnya tempat ini, sering kali tempat ini rame apalagi deket sama akhir semester.

2. Eduplex
Eduplex itu sebenernya adalah tempat yang terdiri dari cafe, co-working space dan meeting room. Lokasinya ada di Dago, tepatnya Jalan Ir. H.Djuanda No.84. Saya sih biasanya nugas di cafe nya aja dan bahkan kadang ga beli minum :(
Harganya untuk minuman sih dari 10-30ribuan dan kalau nugas disana isinya banyak mahasiswa lainnya juga, sofanya pun empuk pas buat nginep. Eduplex ini bukanya 24 jam juga. Biasanya sih jam 2-3an pada mulai menyerah dan pada tidur jadi mirip kost bersama gitu di Eduplex. Kalau mau nugas di lantai 2 / co-working space nya, yang internetnya lebih cepet dibanding internet cafe bisa bayar per hari 100rb (atau diskon 50% kalau jadi mahasiswa).

3. Richeese Dipati Ukur
Kalau yang ini sih mirip sama McDonald kalau dari harga dan suasana yang dijual.  Lokasinya di Dipati Ukur, pas seberang gedung UNIKOM tepatnya di Jl. Dipatiukur No.87. Ini pun 24 jam jadi kalau lagi pengen ngejar tugas yang besok pagi harus udah selesai pas banget sih. Saya sendiri belum pernah nugas disini, tapi kayanya beberapa orang memilih tempat ini jadi tempat nugas? Komen aja deh di bawah

4. Upnormal Dipati Ukur
Kayanya mahasiswa gaada yang gatau Upnormal deh (setidaknya Jabodetabek + Bandung). Jualan Indomie, susu dan makanan minuman simpel tapi di tempat yang enak buat nongkrong menjadikan Upnormal  gampang diinget. Harga makanannya juga mulai dari 8rban-20rban, jadi cukup menyehatkan untuk kantong. Tapi sayangnya ini ga 24 jam, mereka cuma sampe jam 2-3 gitu deh. Mau ngasi kesempatan buat yang nugas untuk tidur dulu kali sebelum kembali menghadapi kenyataan. Untuk lokasi tepatnya ada di Jl. Dipatiukur No.3.

5. Bright Cafe
Bright Cafe yang dulu bukanlah yang sekarang. Dulu bright buka 24 jam tapi kalau sekarang cuma sampe jam setengah 1 pagi. Tapi tempatnya sih masih tetep di SPBU Dago, tepatnya di Jl. Ir. H.Djuanda No.139. Walaupun begitu, opsi nugas di Bright ini tetep ada apalagi untuk tugas-tugas yang deadline nya 23:59. Suasananya tenang, dan harga makanan pun standar cafe (makanan 18-20rban, minuman 15-20rban) membuat jadi opsi yang baik untuk tempat kalian nugas/belajar.

6. Ayam-Ayaman Tubagus Ismail
Kalau Ayam-ayaman ini tergolong baru, masih beberapa bulan buka di Tubagus Ismail. Pindahan dari tempat sebelumnya di Jl. Siliwangi. Keunggulannya adalah 24 jam dan tidak se-mainstream Richeese atau McD. Kalau laper tengah malem di kost, GO FOOD makanan dari sini juga suka jadi opsi yang baik. Tepatnya Ayam-ayaman ini ada di Jl. Tubagus Ismail Raya No.5C, deket dengan daerah banyak kost mahasiswa. Kalau makanannya sendiri biasanya banyak yang pesen chicken wings yang dijual per paket sekitar 20-30ribuan. Di sebelahnya, di gedung yang sama juga ada kopi Tri Tangtu Espresso buat kalian yang pengen ngopi lucu sambil nugas.

7. D'Cubes Hangout Point
Nama D Cubes ini karena banyak menu makanannya yang disajikan berbentuk kotak kubus. Nyaman untuk nugas, colokan dimana-mana dan kalau bisa saya bilang sih ini mirip sama Upnormal cuma jam tutupnya mirip sama Bright haha. Makanan ringan disini lebih banyak juga, memang didesain buat nongkrong dan kadang randomly muncul Open Mic disini. Cocok buat nugas yang deadline nya di 23:59. Tempatnya sendiri ada di Jl. Dipatiukur No.105.

8. Indomaret Point Dipati Ukur
Indomaret kalian tau sendiri lah, isinya minuman dan makanan kemasan. Di Point ini Indomaret nya 24 jam dan bisa dipake buat nongkrong gitu deh. Tempatnya di samping Richeese banget, Jl. Dipatiukur No.85. Saya sendiri juga belum pernah nugas disini cuma beberapa orang kabarnya menjadikan ini salah satu alternatif tepat nugas. 

9. Cawit Ciumbuleuit
Kalau Cawit ini agak beda tempatnya sama daerah 8 tempat sebelumnya yang masih sekitaran Jl. Dago. CAWIT ini berada di Jl. Ciumbuleuit No.129, daerah menuju kampus UNPAR gitu (kalau ke atas lagi bakal menuju Punclut sih). Entah kenapa beberapa temen suka milih nugas disini, kalau saya sendiri sih pertama kali kesini direkomendasikan temen yang memang tinggal di Ciumbuleuit. Tempat ini buka sampe jam 3-4an pagi aja, gak 24 jam. Mengenai menu sendiri mereka ngasi range makanan yang mulai dari 18-30ribuan sementara minum di harga 8-20ribuan kira-kira.


Kayanya itu sih tempat mainstream buat mahasiswa (terutama ITB) nugas. Oh ya semua tempat itu diatas sudah tentu ada WiFi nya dong. Sedih juga kalau nugas nya tanpa internet hiks. Ada beberapa opsi lagi untuk nugas sebenernya seperti Ngopi Doeloe di Jl. Hasanudin yg 24 jam, Yellow Truck di Linggawastu yang sampai jam 11 malem atau RM Padang Kapau yang sampe jam 3-4an pagi. Cuma di lingkaran saya sih beberapa tempat itu jarang diomongin, tapi denger-denger di lingkaran lain banyak yang kesana juga.

Ada opsi tempat lain? Feel free to comment yaa~

You Might Also Like

1 comments

Popular Posts

Tweets